Senin, 29 September 2008

WILUJENG BOBORAN







MINAL AIDIN WAL FAIDZIN BARAYA....DIANTOS DI LEMBUR KURING

Minggu, 28 September 2008

Urang Sunda 3

Atjoem Kasoem

Atjoem Kasoem atau lebih dikenal dengan nama A. Kasoem (lahir Desa Bojong, Kadungora, Kabupaten Garut - wafat: 1979[1]) adalah tokoh dari Jawa Barat. Beliau adalah pendiri optik pertama di Indonesia, yang telah belajar dari bangsa Yahudi, sampai dapat membeli toko dari tuannya (Pemilik Toko tempat beliau bekerja), beliau juga mendirikan pabrik lensa bi-fokal yang terbesar di Asia (pada masa-nya), yang diresmikan oleh Adam Malik.

Saleh Danasasmita

Saleh Danasasmita (Sumedang, 7 Juni 1933 - Bogor, 8 Agustus 1986), ahli sejarah Sunda, sastrawan, redaktur. Saleh Danasasmita lulus dari Jurusan Sejarah IKIP Bandung ekstensi Bogor, banyak belajar secara otodidak mengenai sejarah Sunda, termasuk belajar bahasa Kawi dan aksara Sunda. Dengan cara tersebut, beliau dapat membaca dan meneliti naskah-naskah, terutama naskah-naskah Sunda kuna secara serius.

Tahun 1957, bersama beberapa sastrawan Sunda lainnya, beliau mendirikan -- dan kemudian menjadi salah satu redaktur -- majalah Mangle. Dari tahun 1961 hingga 1963, beliau memimpin majalah Baranangsiang yang terbit di Bogor.

Karyanya
Buku-bukunya yang telah terbit di antaranya Sewaka Darma, Sanghyang Siksa Kanda ng Karesian, Amanat Galunggung (1987), Babad Pajajaran (1977), Sejarah Jawa Barat (1984), dan Sejarah Bogor (1983).


Edi Suhardi Ekadjati

Prof. Dr. Edi Suhardi Ekadjati (Kuningan, 25 Maret 1945–1 Juni 2006) adalah seorang sejarawan asal Indonesia. Ia dikenal sebagai pakar naskah Sunda Kuno. Terakhir ia bekerja sebagai Guru Besar dan dosen Fakultas Sastra Universitas Padjajaran serta Ketua Pusat Studi Sunda.
Ekadjati meraih gelar sarjana dari Universitas Padjadjaran pada Jurusan Sejarah Fakultas Sastra (1964-1971) dan gelar doktor dari Universitas Indonesia pada Program Studi Filologi (1976-1979). Ekadjati juga pernah mengikuti studi lanjutan tentang filologi untuk penelitian sejarah pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Leiden (1974-1975) dan pernah menjadi Guru Besar Tamu pada Research Institute for Language and Cultures of Asia and Africa di Tokyo University of Foreign Studies, Jepang. Saat tinggal di Jepang pada tahun 2002, ia melakukan penelitian tentang kebudayaan Sunda pada zaman Kerajaan Pajajaran. Ekadjati dikenal pula sebagai salah seorang pendiri Yayasan Kebudayaan Rancagé dan Caraka Sundanologi bersama sejumlah pakar lainnya.


Sumber : http://www.kasundaan.org
Dengan sedikit editan.

Urang Sunda 2

Mang Koko

H. Koko Koswara yang lebih dikenal dengan sebutan Mang Koko, kelahiran Indihian Tasikmalaya, 24 November 1915, putra tunggal dari pasangan Muhammad Ibrahim Sumarta dan Siti Hasanah, mempunyai tekad untuk memberikan pengajaran seni karawitan di kalangan anak-anak. Untuk membangun tekadnya Mang Koko hijrah ke Bandung, sekira tahun 1950 dibantu (Alm) Oejeng Soewargana, dibuat buku berjudul "Resep Mamaos" yang merupakan buku kumpulan kawih-kawih Sunda untuk anak kecil. Demikian pula pada tahun 1954, Mang Koko membuat buku serupa berjudul "Taman Cangkurileung" yang juga berisikan kawih sunda.

Karya Mang Koko ”Serbaenak”

Lagu Ciptaan Mang Koko
Lain saukur genah mun dihaleuangkeun
Gending sanggiang Mang Koko
Lain saukur genah mun saukur direungeukeun
Tapi oge merenah mun diibingkeun

(Lagu ciptaan Mang Koko bukan sekadar enak kalau didendangkan, gamelan gubahan Mang Koko bukan sekadar enak dimainkan, tetapi juga enak kalau disertai tarian)


Nano Suratno (Nano. S)


One of the most famous and important Indonesian composers, from the area of Sunda (West Java.) Born in Garut. Father was a merchant who loved the arts, Nano was his sixth child. His great grandfather was a puppet master (dalang). Studied singing with his grandparents. Four teachers he most remembers and respects: Daeng Sutikna, who introduced him to diatonic music; Syafei, literature; Tjetje Somantri, a famous choreographer and dancer; and Mang Koko, by whom Nano was so impressed that he became inspired to be a musician and composer. His first composition was in 1963; in that year he also began to have his poetry published in a local newspaper. He formed his own dance group and then joined Mang Koko’s group Ganda Mekar. To date he has written over 400 songs; about 200 of them have been recorded and released commercially in Indonesia.

Born: 4 april 1944, Pasar Kemis Tarogong Garut, West Java, Indonesia
Member, BMI

One of the most famous and important Indonesian composers, from the area of Sunda (West Java.) Born in Garut. Father was a merchant who loved the arts, Nano was his sixth child. His great grandfather was a puppet master (dalang). Studied singing with his grandparents. Four teachers he most remembers and respects: Daeng Sutikna, who introduced him to diatonic music; Syafei, literature; Tjetje Somantri, a famous choreographer and dancer; and Mang Koko, by whom Nano was so impressed that he became inspired to be a musician and composer. His first composition was in 1963; in that year he also began to have his poetry published in a local newspaper. He formed his own dance group and then joined Mang Koko’s group Ganda Mekar. To date he has written over 400 songs; about 200 of them have been recorded and released commercially in Indonesia.


Sumber : http://www.kasundaan.org
Dengan sedikit editan.

Urang Sunda

Euis Komariah - Mengajar Kawih Sunda sampai Amerika

Lagu Sunda yang populer sejak belasan tahun lalu ini juga diminati masyarakat asing. Lagu dalam album The Sound of Sunda yang direkam Globe Style dari London tahun 1990 ini masih diperjualbelikan di dunia, seperti di Amerika Serikat dan Inggris. Album yang antara lain berisi lagu Sorban Palid, Duh Ieung, dan Salam Sonojuga ini juga ditawarkan lewat puluhan website asing dengan harga lebih dari 25 dollar AS.


Yaya Rukayadi - Peneliti Temulawak di Korea

Di sekitar laboratorium tempat Dr Yaya Rukayadi (43) berkutat dengan kesibukannya sebagai peneliti senior sekaligus pengajar di Yonsei University, Seoul, Korea Selatan, terdapat sejumlah tanaman obat Indonesia, khususnya temulawak. Tanaman tersebut sengaja dikirim dari Tanah Air ke Negeri Ginseng itu untuk diteliti.

Dari pertanyaan mengapa tanaman obat di Indonesia diteliti di Korea, Yaya Rukayadi mengawali ceritanya. Ia ingin agar temulawak bisa dijadikan "merek" Indonesia, sama seperti ginseng yang sudah menjadi merek atau setidaknya membuat orang ingat Korea.

Sumber: http://www.kompas.com/kompas-cetak/0708/23/Sosok/3779481.htm


Anang Sumarna

Image Anang Sumarna yang merupakan alumnus Seni Rupa ITB (1963) memang sangat dekat dengan dunia pariwisata. Lulusan Diploma Tourism Management - ILO, Turin Italia (1974), adalah mantan Kepala Kanwil Pariwisata Jabar, mantan Kepala Dinas Pariwisata DT I Prov. Jabar, juga Ketua Yayasan Pengembangan Bambu Indonesia (Yapbindo), dan Ketua Yayasan Pariwisata Indonesia (Yapari). Tak heran jika semasa menjalankan karirnya, bambu selalu dilekatkan dengan dunia pariwisata.


Sumber : http://www.kasundaan.org
Dengan sedikit editan.

Jumat, 26 September 2008

Kumpulan Babasan jeung Paribasa Sunda

Kumpulan Babasan jeung Paribasa Sunda

Numutkeun keterangan dina kamus, Babasan teh “ucapan matok nu dipake dina harti injeuman”; dupi Paribasa nya eta “ucapan matok, saeutik patri nu mangrupa silokaning hirup (pituah, piluangeun jsb)”. Nanging wates eta dua rupi pakeman basa sering samar karaosna. Numawi rupina seueur oge babasan sareng paribasa anu paliron tempatna. Ku margi eta, upami salahsawiosna teu kapendak dina bagian babasan tiasa dipilari dina bagian paribasa atanapi sawangsulna.

KATERANGAN & PITUDUH

A. Sadayana babasan sareng paribasa disusun numutkeun abjad, mung teu aya anu nganggo aksara : F, Q, V sareng Z.

Nu dianggo patokan dina nempatkeun salahsawios babasan/paribasa, nya eta kecap anu tiasa dianggap mangrupi kecap poko tina eta pakeman basa. Dina paribasa anu panjang, kecap anu mangrupi poko the tiasa langkung ti hiji, upamina bae dina : ”Gunung luhur bisa diukur, laut jero bisa dijugjugan, tapi hate jelema najan deet moal kakobet”.

Kecap-kecap: gunung, laut, hate, kobet tiasa dianggap pokona, sarta ku kituna eta paribasa bakal kapendak dina bagian : G, H, K jeung L.

Dupi hartosna mung diterangkeun dina nu kapendak pangpayuna bae, dina nu sanesna mah dicekapkeun ku : il. GUNUNG (=ilikan/tingali GUNUNG).

Babasan/paribasa anu pokona mangrupi kecap-rundayan kedah dipilari dina leresan kecap-asalna, sapertos : “Ngajul bulan (bentang) ku asiwung”, kedah dipilari dina ADJUL; “Kaciwit kulit, kabawa daging” dina CIWIT sste.

B. Kecap-kecap wancahan nu dianggo mung:

At. = atawa

Il. = ilikan

Jsb. = jeung sabangsana

Jst. = jeung saterusna

Jste. = jeung sajaba ti eta

Sab. = sabangsana

Sap. = saperti

Sbl. = sabalikna

Up. = upama

BABASAN SUNDA

ABANG - Abang-abang lambe = beureum biwirna wungkul, ukur keur ngagenahkeun hate nu sejen.

ABONG - Abong biwir teu diwengku = sagala dicaritakeun teu jeung jeujeuhan.

- Abong letah teu tulangan = ngomong sangeunahna, kajeun matak teu ngeunah ka batur.

ACAK - Ngacak ngebur = kokomoan, mangpang meungpeung.

ACAN - Teu burik-burik acan = salamet teu kabeunangan ku musuh.

ADAM - Tapel adam = tempat dilahirkeun atawa tempat pinanggih jeung ajal.

ADIL - Adil palamarta = kacida adilna.

ADOL - Atah adol = kurang ajar.

‘AEN - Keuna ku ‘aen = meunang cocoba lantaran loba tuing nu muji, sarta tara nyebut “alhamdulliah”.

AJAK - Ajak jawa = tawar gatra, ngajak tamba teu hade.

AKAR - Nete akar ngeumbing jangkar = seseleket, jarang jalan rumpil.

AKI - Kawas aki-aki tujuh Mulud = kawas nu geus kolot pisan, padahal ngora keneh.

AKU - Aku-aku angga = ngaku barang batur, majar anuna.

ALA - Rambay alaeun, raweuy beuweungeun = subur ma’mur, loba dahareunhasil laut.

ALAH - Tarik alahbatan mimis = tarik pisan.

ALEUT - Ngaleut ngeungkeuy ngabandaleut, ngembat-ngembat nyatang pinang = ngaleut panjang pisan.

ALEWOH - Bodo alewoh = bodo tapi daek tatanya.

ALIP - Teu nyaho di alip bingkeng = buta hurup.

ALONG - Along-along bagja = teu tulus meunang bagja.

AMBA - Ditegalambakeun = dilurkeun, teu diurus, kebon jsb.

AMBEK - Ambekna sakulit bawang = babari ambek.

AMIS - Geus turun amis cau = geus tembong kawanitaanana, geus beger.

- Amis daging = mun raheut sok jadi radang (cara nu boga kasakit gula).

AMPAR - Saampar samak = (lahan) sagebleg jeung kaayanana meh sarua.

AMPROT - Bosongot bade amprotan = pikagimireun, pasemon jagoan.

ANAK - Anak tilu keur kumusut = upama geus boga anak tilu, awewe nu teu bisa ngurus awak katenjona sok karusut. ( Anak hiji keur gumeulis, anak dua keur gumunda [lumenjang], anak tilu keur kumusut).

- Teu sanak teu kadang = teu boga baraya pisan.

ANDEL - Matak andel-andeleun = matak ngurangan kapercayaan nepi ka handeueul nu nitah.

- Nyieun piandel = nyieun piheueuh, ngatur carita bohong ngarah dipercaya.

ANGEN - Ngeunah angeun, ngeunah angen = hirup cukup dahar pake serta runtut-raut jeung pamajikan.

ANGGEUS - Anggeus-anggeusan = bebeakan

ANGIN - Henteu unggut kalinduan, henteu gedag kaanginan = pageuh nyekel tangtungan sorangan, henteu kapangaruhan ku ruruba jsb.

ANGIR - Ka cai diangir mandi, batu lempar panuusan = lemah-cai, bali geusan ngajadi.

ANGKLUNG - Nu burung di angklungan, nu edan di kendangan = naggap carita gedebul rahul, malah dihaja sina leuwih ngabuih.

- Ngadu angklung = papaduan, parea-rea omong nu taya gunana.

ANJANG - Atah anjang = arang anjang.

ANJING - Kawas anjing kadempet lincar = keukeuleuweuhan teu puguh.

- Aya nu dianjing cai = aya nu diheroan.

- Ti kikirik nepi ka jadi anjing = ti bubudak nepi ka sawawa.

- Kawas anjing tutung buntut = ijigimbrang teu daek cicing.

- Pageuh kancing loba anjing = taki-taki mageuhan tulak, bisi aya bancang pakewuh.

ANJUK - Nganjuk kudu naur, ngahutang kudu mayar = sabalikna tina hutang-hatong.

- Nganjuk teu naur, ngahutang teu mayar = ngajeblug.

ANUT - Sapi anut ka banteng = awewe nurut ka salaki.

ANYAR - Dihin pinasti anyar pinanggih = sagala anu kaalaman ayeuna saestuna geus ditangtukeun ti heula ku Pangeran.

APAL - Geus apal luar jerona = geus nyaho kalakuan jeung tabeatna.

ARAH - Ngarah sahuap-sakopeun = usaha leuleutikan, neangan rejeki saharitaeun.

ARIT - Tumenggung sundung patih arit = lain turunan menak, sanajan jeneng (pamoyok).

ASEUPAN - Kawas bujur aseupan = diuk teu daek cicing.

- Matak tibalik aseupan = matak teu bisa nyangu.

ASIH - Taya dunya kinasihan = euweuh barang nu dikoretkeun pikeun kabagjaan jalma nu dipikanyaah.



sumber: jerry (abig)

Wisata Kuliner Bandung

Kampung Daun ''Where Culture and Taste Meet''

Sebuah lembah kecil di belahan utara kota Bandung tepatnya di wilayah lingkungan perumahan Vila Triniti, sebelumnya hanyalah sebuah tempat yang ada di alam khayal semata. Lembah kecil yang dilindungi oleh tebing batu yang kokoh merupakan latar belakang panggung teater alam kecil, sebuah paduan suara terbentuk oleh alunan gemericik air, hembusan angin pegunungan yang memainkan daun-daun bambu menjadi pengiring orkestra alam yang tiada banding.

Di tempat inilah Kampung Daun berdiri dengan segala kesederhanaannya. Bangunan-bangunan kecil yang tertata rapi bertebaran bagaikan wadah-wadah yang siap untuk merangkul kerinduan kepada alam.

Sosok para warga kampung bagaikan penari alam keluar dari peraduan, melenggok dengan lincah menyuguhkan suatu makna yang bersahabat, membawakan sesaji yang diolah oleh pakar cita rasa merupakan suatu atraksi yang akan memuaskan rasa lapar dan dahaga dari setiap baraya yang berkunjung.

“KAMPUNG DAUN” memberikan sesuatu yang lain berupa paduan nilai seni dan keanekaragaman budaya yang tercipta oleh tangan-tangan terampil para maestro. Hal ini dapat dirasakan oleh setiap baraya yang penasaran untuk menikmati hasil karya anak bangsa yang tak ternilai.

Suasana kental kampung tradisional yang romantis tatkala mentari dan bulan silih berganti mewarnai dedaunan di sepanjang area perkampungan. Serasa dimanja alam yang begitu dekat dengan baraya yang singgah seakan membawa sejuta kenangan bagaikan di kampung halaman.

Inilah segala bentuk kesederhanaan dan kebersahajaan kehidupan, teater alam kecil KAMPUNG DAUN yang selalu ingin merangkul kerinduan setiap baraya dan kebersamaan mewujudkan mimpi indah menjadi kenyataan.

Salam Hangat,
Kampung Daun Gallery & Cafe .


The Location
Kampung Daun Culture Gallery & Café
Jl. Sersan Bajuri Km. 4,7 No. 88 RR1 – Bandung
Phone : 022-2787915, 2784572, 2784573
Fax : 022- 2787881

Sumber : http://www.kampungdaun.net/

'Baraya..., ieu tempat meni hade pisan uy, komo bari kujum mah..
beu, kacipta waas murun nya?'

'Eh btw mun teu salah lokasina aya di tukangeun imah c abah yeuh...
'Bah leres teu?







Kamis, 25 September 2008

Kenalan dengan para Punakawan

Punakawan merupakan sebutan bagi empat orang abdi yang bertugas sebagai penasehat dan pemberi petuah bijak bagi para tokoh Pandawa. Mereka mendampingi para Pandawa dimanapun mereka berada, baik dalam susah maupun senang. Keempat Punakawan ini menggambarkan cipta, rasa, karsa, dan karya.
Semar


Semar memiliki nama lengkap Semar Badranaya. Badra berarti rembulan atau keberuntungan baik. Sedangkan Naya berarti prilaku bijaksana. Semar Badranaya mengandung makna, di dalam sikap bijaksana tersimpan keberuntungan baik bak orang kejatuhan rembulan. Sering dikisahkan tokoh semar menjadi rebutan para raja karena dengan semar dipihaknya mereka selalu memiliki keberuntungan baik.
Semar digambarkan memiliki kekuatan tersembunyi, karena dianggap sebagai titisan dewa, sering menjadi tokoh penengah dan penyelamat. Meskipun hanya rakyat biasa dan seorang pembantu (punakawan), ia adalah pengayom bangsawan, khususnya keluarga Pandawa.

Cepot (Astrajingga)

cepot

Tokoh banyolan yang paling sering ditonjolkan para dalang wayang golek adalah Cepot.
Cepot alias Astrajingga adalah anak tertua dari Semar. Ibunya bernama Sutiragen. Tokoh ini memiliki sifat yang humoris, meskipun demikian lewat humor humornya dia memberikan nasehat petuah dan kritik sehingga ia menjadi pusat lelucon setiap pertunjukkan golek.
Lakonnya biasanya dikeluarkan oleh Dalang di tengah kisah untuk menyampaikan pesan bebas bagi pemirsa dan penonton baik itu nasihat maupun sindiran yang tentu saja disampaikan secara humor.

Dawala


Dawala merupakan Punakawan yang digambarkan memiliki hidung mancung, muka bersih, sabar, setia, dan penurut. Tetapi kurang cerdas dan kurang begitu trampil.
Biasanya dimunculkan bersamaan dengan Astrajingga alias Cepot dan Semar sebagai teman/partner humor

Gareng


Dalam Wayang golek tokoh Gareng adalah anak terakhir dari Semar. Sama seperti tokoh Astrajingga dan Dawala, tokoh Gareng biasanya dikeluarkan sebagai hiburan antara tokoh wayang dengan audiens.

Dengan adanya tokoh Punakawan, pagelaran cerita wayang menjadi lebih hidup karena ada dialog dan interaksi antara dalang (wayang) dengan audiens.
Tokoh Punakawan seringkali menjadi sentral dalam menyampaikan pesan dan nasehat agar lebih mudah dicerna oleh audiens.


Sumber : aftaryan.wordpress.com


Sabtu, 20 September 2008

SEJARAH PEMERINTAHAN DI KOTA BOGOR

Kota Bogor mempunyai sejarah yang panjang dalam Pemerintahan,mengingat sejak zaman Kerajaan Pajajaran sesuai dengan bukti-bukti yang ada seperti dari Prasasti Batu Tulis, nama-nama kampung seperti dikenal dengan nama Lawanggintung, Lawang Saketeng, Jerokuta, Baranangsiang dan Leuwi Sipatahunan diyakini bahwa Pakuan sebagai Ibukota Pajajaran terletak di Kota Bogor.
Pakuan sebagai pusat Pemerintahan Pajajaran terkenal pada pemerintahan Prabu Siliwangi (Sri Baginda Maharaja) yang penobatanya tepat pada tanggal 3 Juni 1482, yang selanjutnya hari tersebut dijadikan hari jadi Bogor, karena sejak tahun 1973 telah ditetapkan oleh DPRD Kabupaten dan Kota Bogor sebagai hari jadi Bogor dan selalu diperingati setiap tahunnya sampai sekarang.

Sebagai akibat penyerbuan tentara Banten ke Pakuan Pajajaran catatan mengenai Kota Pakuan tersebut hilang, baru terungkap kembali setelah datangnya rombongan ekspidisi orang-orang Belanda yang dipimpin oleh Scipio dan Riebeck pada tahun 1687, dan mereka meneliti Prasasti Batutulis dan situs-situs lainya yang meyakini bahwa di Bogorlah terletak pusat Pemerintahan Pakuan Pajajaran.

Pada tahun 1745 Gubernur Jendral Hindia Belanda pada waktu itu bernama Baron Van Inhoff membangun Istana Bogor, seiring dengan pembangunan jalan Raya Daenless yang menghubungkan Batavia dengan Bogor, sehingga keadaan Bogor mulai bekembang.

Pada masa pendudukan Inggris yang menjadi Gubernur Jendralnya adalah Thomas Rafless, beliau cukup berjasa dalam mengembangkan Kota Bogor, dimana Istana Bogor direnofasi dan sebagian tanahnya dijadikan Kebun Raya (Botanikal Garden), beliau juga memperkejakan seorang Planner yang bernama Carsens yang menata Bogor sebagai tempat peristirahatan yang dikenal dengan Buitenzoorg.

Setelah Pemerintahan kembali kepada Hindia Belanda pada tahun1903, terbit Undang-undang Desentralisasi yang bertujuan menghapus sistem pemerintahan tradisional diganti dengan sistem administrasi pemerintahan modern sebagai realisasinya dibentuk Staadsgemeente diantaranya adalah.

1. Gemeente Batavia ( S. 1903 No.204 )
2. Gemeente Meester Cornelis ( S. 1905 No.206 )
3. Gemeente Buitenzoorg ( S. 1905 No.208 )
4. Gemeente Bandoeng ( S. 1906 No.121 )
5. Gemeente Cirebon ( S. 1905 No.122 )
6. Gemeente Soekabumi ( S. 1914 No.310 )

(Regeringsalmanak Voor Nederlandsh Indie 1928 : 746-748)

Pembentukan Gemeente tersebut bukan untuk kepentingan penduduk Pribumi tetapi untuk kepentingan orang-orang Belanda dan masyarakat Golongan Eropa dan yang dipersamakan (yang menjadi Burgermeester dari Staatsgemeente Buitenzoorg selalu orang-orang Belanda dan baru tahun 1940 diduduki oleh orang Bumiputra yaitu Mr. Soebroto).

Pada tahun 1922 sebagai akibat dari ketidakpuasan terhadap peran desentralisasiyang ada maka terbentuklah Bestuursher Voorings Ordonantie atau Undang-undang perubahan tata Pemerintahan Negeri Hindia Belanda (Staatsblad 1922 No. 216), sehinga pada tahun 1992 terbentuklah Regentschaps Ordonantie (Ordonantie Kabupaten) yang membuat ketentuan-ketentuan daerah Otonomi Kabupaten (Staatsblad 1925 No. 79).

Propinsi Jawa Barat dibentuk pada tahun 1925 (Staatsblad 1924 No. 378 bij Propince West Java) yang terdiri dari 5 keresidenan, 18 Kabupaten (Regentscape) dan Kotapraja (Staads Gemeente), dimana Buitenzoorg (Bogor) salah satu Staads Gemeente di Propinsi Jawa Barat di bentuk berdasarkan (Staatsblad 1905 No. 208 jo. Staatsblad 1926 No. 368), dengan pripsip Desentralisasi Modern, dimana kedudukan Bugermeester menjadi jelas.

Pada masa pendudukan Jepang kedudukan pemerintahan di Kota Bogor menjadi lemah karena pemerintahan dipusatkan pada tingkat keresidenan yang berkedudukan di Kota Bogor, pada masa ini nama-nama lembaga pemerintahan berubah namanya yaitu: Keresidenan menjadi Syoeoe, Kabupaten/Regenschaps menjadi ken, Kota/Staads Gemeente menjadi Si, Kewedanaan menjadi/Distrik menjadi Gun, Kecamatan/Under Districk menjadi Soe dan desa menjadi Koe.

Pada masa setelah kemerdekaan, yaitu setelah pengakuan kedaulatan RI Pemerintahan di Kota Bogor namanya menjadi Kota Besar Bogor yang dibentuk berdasarakan Udang-undang Nomor 16 Tahun 1950.

Selanjutnya pada tahun 1957 nama pemerintahan berubah menjadi Kota Praja Bogor, sesuai dengan Undang-undang Nomor. 1Tahun 1957, kemudian dengan Undang-undang Nomor 18 tahun 1965 dan Undang-undang No. 5 Tahun 1974 berubah kembali menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Bogor.

Dengan diberlakukanya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999, Kotamadya Daerah Tingkat II Bogor dirubah menjadi Kota Bogor.



sumber

Kamis, 18 September 2008

Film-Film Hollywood Versi Bahasa Sunda

Category: Bobodoran Sunda

a. Saving Private Ryan - Nulungan si Rian

b. Enemy At The Gate - Musuh Ngajedog di Pager

c. Die Hard - Teu Paeh-Paeh

d. Die Hard II - Can Paeh Keneh

e. Die Hard III With A Vengeance - Nya'an euy Hese Pisan Paehna

f. Bad Boys – budag bedegong

g. Rocky - Osok Neunggeulan Batur

h. Rain Man - Lalaki Cicing di Bogor

i. Here's Something About Marry - Ari Ceu Meri Teh Kunaon?

j. Mission Impossible - Moal Bisa

k. Titanic - Tilelep

l. Paycheck - Nganjuk Heula

m. Reign of Fire - Beubeuleuman

n. Original Sin - Tara Ka Mesjid

o. Sleepless In Seattle - Cenghar Di Ciateul

p. Silence of The Lambs - Embe Pundung

q. Ghost - Jurig Kasep

r. Bad Boys - Budak Baong

s. Are We There Yet? - Lila Teuing Nepina Euy?

t. Home Alone - Tinggaleun

u. Casablanca - Mengkol Ti Sudirman

v. Gone In Sixty Seconds - Indit Siah Kaditu!

w. The Awakening - Hudang Sare

x. After The Sunset - Tereh Maghrib

BH..AYANGKARA

Category: Bobodoran Sunda

Basa dina pelajaran Bahasa Indonesia disalah sahiji SMP di Bandung, Pak Guru ngalatih hiji-hiji muridna sina kahareup.

Pak Guru : "Mimin tulis kahareup ... BHAYANGKARA...."

Mimin nu rada tunduh langsung kahareup bari nulis ku kapur dina bor .... BAYANGKARA

Pak Guru : "Geuning teu pake BH Min ... ? (maksudna BHayangkara)

Mimin : "Bet ngangge Pak Guru...." bari ngarabaan susuna, puguh we murid-murid jeung Pak Guru teh teu karuat nahan kaseuri.

Anak Anjing

Category: Bobodoran Sunda

Ibro : "Naha Din lain Anjing teh haram ceuk urang Islam mah..."

Udin : "Ya iya laaah....na kunaon pake nanya kitu..?"

Ibro : "Tapi geuning pak haji jeung bu haji di kampung dewek mah ngaringu anakna, diusapan, dihuapan, komo nu masih leutik keneh mah malah sok sare bareng sagala..."

Udin : "Ah..!!! haji nanahaon nu kitu mah... dosa besar !!"

Ibro : "Maenya..?? kan nu diinguna ge anak pak haji keneh ..wew !!" bari lumpat

Udin : "??!!@#$"

TARAJE teh NTAR AJE

Category: Bobodoran Sunda

Jang Dodo keur nembok sumur di perkampungan orang Betawi. Meureun rada malaweung, na atuh ujug-ujug gejebur ..!! Jang Dodo tigejebur ka sumur bari ngagorowok tulung-tulungan.

Ngadenge aya nu tulung-tulungan, si orang Betawi nyampeurkeun nu maksudna rek nulungan Jang Dodo.

Jang Dodo : " Taraje...!!! taraje ...!!! ", maksudna menta disodorkeun taraje kahandap.

Orang Betawi bingungeun bari leos indit deui, sangkaan manehna mah TARAJE teh NTAR AJE.... yeeee

CIREMAI, Jawa Barat


Nama

:

G. Ciremai

Nama Lain

:

Careme, Ceremai, Cerme

Nama Kawah

:

Kawah Barat, Kawah Timur, Gua Walet

Lokasi

:

Koordinat/ Geografi : 53' 30" LS dan 108° 24' BT. Secara administratif termasuk :Kab. Cirebon, Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka.

Ketinggian

:

3078 m. dml (di atas muka laut) atau 2578 m dari kota Kuningan

Kota Terdekat

:

Kuningan

Tipe Gunungapi

:

Gunungapi Kuarter aktif,tipe A,berbentuk strato

Pendahuluan

1. Cara Pencapaian

Kawah puncak G. Ciremai biasa di capai dari :

  • Dari Barat, via Apui atau Cipanas (lk.1100m dpl.). Kp. Apui dapat dicapai dengan kendaraan roda 4 dari Majalengka, terus Maja dan berbelok ke Kp. Apui. Dari Kp. Apui berjalan kaki dengan lama perjalanan lk. 7 jam.

  • Dari Timur, via Kp. Linggajati (lk.580 m dpl.). Kp. Linggajati dapat dicapai dengan kendaran roda 4 dari Kuningan. Dari Linggajati berjalan kaki menuju puncak dengan lama perjalanan lk. 8 jam, jalan ini lebih singkat, namun lebih sulit karena lebih terjal. Wirjosumarto dan Abdulfatah (1955) menulis, bahwa pendakian puncak dapat pula dicapai dari Kp. Cibuntu (dari lereng utara), Kp. Satianagara dan G. Deukeut (lereng timur, dan Kp. Palutungan (lereng selatan).

2. Demografi

Pada umumnya Pemukiman penduduk di daerah G. Ciremai terkonsentrasi disekitar daerah kaki, terutama daerah kaki bagian timur, bagian utara dan bagian barat. Penduduk di daerah kaki gunung ini umumnya bermata pencaharian sebagai petani.

3. Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi

Jenis bahan galian yang terdapat di daerah G. Ciremai di antaranya adalah Siirtu, cadangan batubelah dan cadangan batu hias. Sirtu (pasir batu); bersumber dari endapan awanpanas dan lahar, terdapat disekitar daerah Mandirancan dan Linggajati. Di daerah Mandirancan yaitu di desa Cidahu, Ciwiru, Ciguntur dan Singkup. Di daerah Linggajati yaitu di desa Setianegara.

Batubelah (Andesit Ouarry); cadangan bahan galian ini bersumber dari tubuh aliran lava dan beberapa tubuh intrusi berkomposisi andesitan yang banyak dijumpai di lereng utara dan baratlaut G. Ciremai, seperti daerah Maja, Talaga, Pamelengan, Palutungan, Kuningan, Lengkong dan G. Deukeut. Cadangan Batu Hias; cadangan batu hias dapat dijumpai di sekitar komplek G. Kromong,kaki utara G. Ciremai, yaitu di desa Loji.

4. Wisata Gunungapi

Wisata gunungapi terdapat di :

Daerah Cigugur-Kuningan yaitu berupa kolam renang dan kolam ikan keramat beserta kesejukan alamnya.

Daerah Palutungan-Kuningan yaitu pemandangan alamnya, perkemahan dan tempat pendakian awal ke arah puncak.

Daerah Linggarjati yaitu berupa vila, kolam renang, tempat perjanjian Linggarjati dan kesejukan alam lainnya.

Daerah Sangkanurip yaitu, berupa vila, hotel dan pemandian air panas.

Daerah Apuy atau Cipanas, yaitu berupa pemandangan alamnya dan tempat pendakian awal ke arah puncak.

Daerah Waduk Darma, yaitu berupa perkemahan, pemancingan, dayung dan keindahan alamlainya.

Telaga Remis, yaitu berupa telaga, perkemahan
dan pemandangan alamnya.

Sumber :

Compiler : Rivai Chaniago (rivai@vsi.esdm.go.id)

Editor : Asnawir Nasution


Keterangan Umum: Kang momod (handap tengah) basa touring ka Gn. Ciremai















Seren Taun

Seren Taun adalah upacara adat masyarakat Sunda yang dilakukan tiap tahun, berlangsung khidmat dan semarak di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Upacara adat sebagai syukuran masyarakat agraris ini diramaikan ribuan masyarakat Kuningan dan sekitarnya, bahkan dari beberapa daerah di Jabar dan mancanegara.

Upacara seren taun bukan sekadar tontonan, melainkan juga tuntutan tentang bagaimana manusia senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terlebih di kala menghadapi panen. Upacara ini juga dimaksudkan agar Tuhan memberikan perlindungan di musim tanam mendatang.

Upacara seren taun yang diselenggarakan tiap tanggal 22 Rayagung-bulan terakhir pada sistem penanggalan Sunda-itu, sebagaimana biasa, dipusatkan di pendopo Paseban Tri Panca Tunggal, kediaman Pangeran Djatikusumah, yang didirikan tahun 1840. Sebagaimana layaknya sesembahan musim panen, ornamen gabah serta hasil bumi mendominasi rangkaian acara.

Puncak acara seren taun biasanya dibuka sejak pukul 08.00, diawali prosesi Ngajayak (menyambut atau menjemput padi), lalu diteruskan dengan tiga pergelaran kolosal, yakni tari buyung, angklung baduy, dan angklung buncis-dimainkan berbagai pemeluk agama dan kepercayaan yang hidup di Cigugur.

Rangkaian acara bermakna syukur kepada Tuhan itu dikukuhkan pula melalui pembacaan doa yang disampaikan secara bergantian oleh tokoh-tokoh agama yang ada di Indonesia. Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan akhir dari Ngajayak, yaitu penyerahan padi hasil panen dari para tokoh kepada masyarakat untuk kemudian ditumbuk bersama-sama, di Kompleks Taman Sari Paseban di sebelah utara Gedung Paseban.

Ribuan orang yang hadir pun akhirnya terlibat dalam kegiatan ini, mengikuti jejak para birokrat, tokoh masyarakat, maupun rohaniwan yang terlebih dahulu dipersilakan menumbuk padi. Puluhan orang lainnya berebut gabah dari kedai bertajuk Pwah Aci Sanghyang Asri.

Ritual seren taun itu sendiri mulai berlangsung sejak Sabtu atau 18 Rayagung 1937, dimulai dengan pembukaan pameran Dokumentasi Seni dan Komoditi Adat Jabar. Setiap hari dipertunjukkan pencak silat, nyiblung (musik air), kesenian dari Dayak Krimun, Indramayu, suling rando, tarawelet, karinding, dan suling kumbang dari Baduy.


Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Selasa, 16 September 2008

Kutilang

KUTILANG (Pycnonotus aurigaster) Simbol Fauna Kota Bandung

Perlu anda ketahui bahwa burung Kutilang (Pycnonotus aurigaster) yang termasuk dalam Suku Cucak-cucakan/Bulbuls Family (Pycnonotidae) ini dijadikan sebagai simbol fauna Kota Bandung yang disandingkan dengan Patrakomala (Caessalpinia pulcherima) sebagai simbol floranya.

Karakteristik : memiliki leher dan sayap pendek, ekor agak panjang dan paruh ramping. Mempunyai bulu yang halus dan lembut, beberapa jenis berjambul tegak. Bulu burung jantan dan betina mirip, kebanyakan mempunyai warna bulu yang buram dengan pola warna kuning, jingga, hitam dan putih.


Burung cucak-cucakan terutama merupakan burung pemakan buah-buahan, walaupun mereka juga memakan serangga. Merupakan burung yang penuh percaya diri, dengan kicauan yang ramai, dan sangat musikal pada beberapa jenis. Cenderung hidup di pohon dan membuat sarang berbentuk mangkuk yang tidak rapi. Tidak satu pun merupakan burung migran.

Di Sunda Besar terdapat 29 burung cucak, merbah, dan brinji.

Cucak Kutilang (Pycnonotus aurigaster)

Memiliki ukuran ± 20 cm, dengan kepala bertopi hitam. Pada bagian tunggir keputih-putihan dan bagian tungging berwarna jingga kuning. Bagian dagu dan kepala atas hitam. Kerah, tunggir, dada, dan perut putih. Sayap berwarna hitam dengan ekor berwarna coklat. Bagian iris mata berwarna merah, sedangkan paruh dan kaki berwarna hitam. Suaranya merdu dan nyaring "cuk-cuk", dan "cang-kur" yang diulang cepat.

Penyebaran burung ini secara global mulai dari Cina selatan, Asia tenggara (kecuali Semenanjung Malaysia) dan Jawa. Diintroduksi ke Sumatera dan Sulawesi selatan, juga baru-baru ini mencapai Kalimantan selatan. Sedangkan penyebaran lokalnya sampai Sumatera, Jawa dan Bali. Di Jawa dan Bali, merupakan salah satu jenis yang tersebar paling luas dan umum, sampai ketinggian sekitar 1.600 mdpl.

Burung ini memiliki kebiasaan hidup dalam kelompok yang aktif dan ribut, sering berbaur dengan jenis cucak lain. Lebih menyukai pepohonan terbuka atau habitat bersemak, di pinggir hutan, tumbuhan sekunder, taman, dan pekarangan, atau bahkan kota besar seperti halnya di Kota Bandung.

Di Kota Bandung burung ini hidup di taman-taman kota dan pekarangan yang ditumbuhi oleh pepohonan berbiji yang menjadi sumber makanannya.

Status perlindungan jenis burung ini tidak termasuk ke dalam burung yang dilindungi. Akan tetapi burung ini dijadikan sebagai simbol fauna Kota Bandung yang disandingkan dengan Patrakomala (Caessalpinia pulcherima) sebagai simbol floranya.


(sumbangan artikel ti baraya ANBUHAJIME)


Referensi
Holmes, D. 1999. Burung-burung di Jawa dan Bali. Puslitbang Biologi - LIPI. Bogor

MacKinnon, J., K. Phillips, dan B.V. Balen. 1998. Panduan Lapangan Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Jakarta: Puslitbang Biologi-LIPI

Ramdhani, D. 2006. Studi Hubungan Keanekaragaman Burung dengan Lansekap Taman Kota Bandung. Jurusan Biologi Universitas Padjadjaran. Jatinangor.



Sabtu, 13 September 2008

Oleh-oleh Khas Jawa Barat

''Lauk Cai" Jadi Ikon Jawa barat

Orang tua di Tatar Sunda menyebut ikan air tawar sebagai "lauk cai". Ikan bagi masyarakat Pasundan telah menjadi bagian kehidupan. Hal ini dimungkinkan karena sumber daya alam di Jawa Barat pada umumnya memiliki sumber daya air yang memadai bagi tumbuh dan berkembangnya ikan. Keberadaan balong tetenong (kolam comberan) di seputar rumah banyak ditemui di pelosok perkampungan. Budaya memelihara ikan di tanah Pasundan sudah tertanam sejak para petinggi Kerajaan Galuh - lebih kurang 300 tahun lalu mulai menggali sebagian bantaran sungai sebagai tempat menyimpan ikan. Setelah itu, mereka berangsur-angsur memelihara ikan di kolam atau di sawah. Pengalaman turun-menurun memelihara ikan akhirnya tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan lauk keluarga saja, tetapi berubah juga menjadi ladang usaha guna memperoleh penghasilan.


Opak Gairahkan Desa Conggeang

”Kalau tidak bekerja, keluarga saya susah karena hanya mengandalkan penghasilan suami dari usaha ojek,” kata Cicih (40), pekerja di pabrik Opak Oded. Dengan bekerja, setidaknya Cicih membawa pulang upah Rp 6.000-Rp 15.000 per hari. ”Di desa mah uang segitu sudah besar. Sebab, saya hanya beli lauk, sedangkan beras dari hasil panen masih cukup hingga panen berikutnya,” tutur Cicih. Opak adalah panganan dari nasi ketan yang ditumbuk dan parutan kelapa. Nasi ketan dan kelapa dicampur lalu dibentuk bulat pipih. Sebagian besar opak Conggeang berdiameter tujuh sentimeter. Nasi ketan yang sudah dibentuk, dijemur seharian dan dibakar di atas bara arang yang ditutupi abu gosok.Karena opak Conggeang sangat tergantung pada pemanasan sinar matahari, rasanya pun berbeda jika musim berganti. Pada musim kemarau akan dihasilkan opak paling enak karena lebih renyah.


Asinan Bogor

Asinan Bogor merupakan jenis makanan yang terdiri dari buah-buahan segar, atau sayuran asin, dan sayuran segar lain yang diberi kuah warna merah yang rasanya segar, manis dan asam. Meskipun namanya asinan, rasanya tidak asin malahan lebih kearah manis-pedas. Dinamakan asinan barangkali karena salah satu komponennya sawi asin. Asinan ini banyak dijual disepanjang jalan Suryakencana dan Siliwangi, tapi yang populer dan enak citarasanya adalah Asinan Gedung Dalam dan Asinan jalan roda(memiliki komponen oncom hitam bakar).


Nikmatnya Tahu Sumedang

Sumedang – Siapa tak kenal dengan tahu sumedang. Makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumedang, di daerah Jawa Barat ini tidak hanya gurih rasanya tapi juga kaya akan protein dan berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh. Bagi Haji Tamim (58), tahu sumedang telah mengubah hidupnya. Bagaimana tidak, berawal dari seorang pedagang kaki lima di pasar, ia lalu berdikari menjadi salah seorang pengusaha tahu yang sukses.
Perjalanan berhari-hari itu membuat Presiden rindu akan satu hal: tahu. "Sudah tiga minggu saya tidak makan tahu," keluhnya seperti ditirukan seorang ajudan. Karena itu, begitu tiba di Istana Negara pada Sabtu petang lalu, sang ajudan langsung menghampiri Kepala Koki Istana Atun Budiono. Dengan sigap Atun mengambil dua kotak tahu Sumedang putih yang telah dipotong kecil-kecil dari dalam lemari es. Lalu merendamnya dalam minyak kelapa murni Virgin Coconut Oil Laurico. Koki lain menyiangi cabai rawit hijau.

Peuyeum Bandung Kamasyur

SIAPA tidak kenal peuyeum bandung? Syair lagu dalam bahasa Sunda tersebut menggambarkan betapa terkenalnya peuyeum (tape singkong) bandung. Makanan hasil fermentasi khas Jawa Barat ini bukan hanya terkenal kelezatannya, tetapi juga harganya yang murah. Tidak heran jika makanan ini sempat menjadi salah satu makanan primadona Jawa Barat (Jabar). Tidak hanya diminati oleh warga Bandung, makanan yang rasanya khas ini juga diminati oleh pengunjung dari luar kota. Tidak jarang mereka datang ke Bandung untuk sekadar membeli peuyeum, baik sebagai oleh-oleh maupun untuk dikonsumsi sendiri.


Menanti Kebangkitan Jeruk Garut

Keunggulan jeruk keprok garut adalah aromanya yang wangi dan rasanya yang manis. Daging buahnya tebal dan berair banyak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 760 Tahun 1999, tanaman tersebut ditetapkan sebagai varietas unggulan khas Garut. Jeruk itu pernah mengalami masa keemasan pada 1980-an. Saat itu terdapat 1,3 juta pohon dalam lahan seluas 2.600 hektar dengan produksi sekitar 26.000 ton per tahun. Namun, tahun 1990-an, populasinya merosot tajam dan menyisahkan 52.000 pohon akibat serangan penyakit CVPD.


© 2008 Nyaangan Alam Dunya


 
Serenity Blogger Template