Minggu, 28 September 2008

Urang Sunda 3

Atjoem Kasoem

Atjoem Kasoem atau lebih dikenal dengan nama A. Kasoem (lahir Desa Bojong, Kadungora, Kabupaten Garut - wafat: 1979[1]) adalah tokoh dari Jawa Barat. Beliau adalah pendiri optik pertama di Indonesia, yang telah belajar dari bangsa Yahudi, sampai dapat membeli toko dari tuannya (Pemilik Toko tempat beliau bekerja), beliau juga mendirikan pabrik lensa bi-fokal yang terbesar di Asia (pada masa-nya), yang diresmikan oleh Adam Malik.

Saleh Danasasmita

Saleh Danasasmita (Sumedang, 7 Juni 1933 - Bogor, 8 Agustus 1986), ahli sejarah Sunda, sastrawan, redaktur. Saleh Danasasmita lulus dari Jurusan Sejarah IKIP Bandung ekstensi Bogor, banyak belajar secara otodidak mengenai sejarah Sunda, termasuk belajar bahasa Kawi dan aksara Sunda. Dengan cara tersebut, beliau dapat membaca dan meneliti naskah-naskah, terutama naskah-naskah Sunda kuna secara serius.

Tahun 1957, bersama beberapa sastrawan Sunda lainnya, beliau mendirikan -- dan kemudian menjadi salah satu redaktur -- majalah Mangle. Dari tahun 1961 hingga 1963, beliau memimpin majalah Baranangsiang yang terbit di Bogor.

Karyanya
Buku-bukunya yang telah terbit di antaranya Sewaka Darma, Sanghyang Siksa Kanda ng Karesian, Amanat Galunggung (1987), Babad Pajajaran (1977), Sejarah Jawa Barat (1984), dan Sejarah Bogor (1983).


Edi Suhardi Ekadjati

Prof. Dr. Edi Suhardi Ekadjati (Kuningan, 25 Maret 1945–1 Juni 2006) adalah seorang sejarawan asal Indonesia. Ia dikenal sebagai pakar naskah Sunda Kuno. Terakhir ia bekerja sebagai Guru Besar dan dosen Fakultas Sastra Universitas Padjajaran serta Ketua Pusat Studi Sunda.
Ekadjati meraih gelar sarjana dari Universitas Padjadjaran pada Jurusan Sejarah Fakultas Sastra (1964-1971) dan gelar doktor dari Universitas Indonesia pada Program Studi Filologi (1976-1979). Ekadjati juga pernah mengikuti studi lanjutan tentang filologi untuk penelitian sejarah pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Leiden (1974-1975) dan pernah menjadi Guru Besar Tamu pada Research Institute for Language and Cultures of Asia and Africa di Tokyo University of Foreign Studies, Jepang. Saat tinggal di Jepang pada tahun 2002, ia melakukan penelitian tentang kebudayaan Sunda pada zaman Kerajaan Pajajaran. Ekadjati dikenal pula sebagai salah seorang pendiri Yayasan Kebudayaan Rancagé dan Caraka Sundanologi bersama sejumlah pakar lainnya.


Sumber : http://www.kasundaan.org
Dengan sedikit editan.

Tidak ada komentar:

 
Serenity Blogger Template