Jumat, 09 Januari 2009

Material Technology

Masyarakat Sunda secara turun menurun dan tradisi telah mengenai Teknologi Material dimana saat ini di berbagai universitas juga dipelajari mengenai teknik dan tekonologi material ini.

Seperti kita ketahui teknologi material sangat lah penting dipelajari agar bangunan atau produk yang dihasilkan dapat bertahan lama dari segi durabilitasnya dan tentunya reliable baik dalam hal adaptasi dengan alam, suhu udara, kelembaban, dlsb.

Teknologi Material yang dikembangkan oleh Masyarakat Sunda adalah teknologi material yang organik dimana bangunan - bangunan yang dikembangkan oleh Masyarakat Sunda selalu memanfaatkan bahan - bahan/ material yang ada di alam seperti Batu Kali sebagai Pondasi/ Tatapakan, Kayu untuk Tiang, Bambu untuk lantai (talupuh), Dinding (bilik), Plafond (bilik) dan Rangka Atap (kaso dan reng), Atap (jjuk, daun, genteng tanah dan sirap), dlsb.

Teknologi Material tersebut telah terbukti dapat bertahan lebih dari 1000 tahun dari mulai Tarumanagara sampai ke Sumedang Larang. Sampai sekarang pun masih tersisa beberapa peninggalan rumah tradisional yang tersebar di perkampungan Sunda di pedalaman Jawa Barat sekarang.


Source : Nyaangan Alam Dunya

Tidak ada komentar:

 
Serenity Blogger Template